DETERMINAN AKSEPTOR KB TIDAK MEMILIH ALAT KONTRASEPSI IMPLAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PERUMNAS II KOTA PONTIANAK

  • Alexander, Melyani, Astriani Akademi Kebidanan Panca Bhakti Pontianak

Abstract

Implant atau alat kontrasepsi bawah kulit (AKBK) adalah kontrasepsi yang diinsersikan tepat di bawah kulit, dilakukan pada bagian dalam lengan atas atau dibawah siku melalui insisi tunggal dalam bentuk kipas. Di Puskesmas Perumnas II Kota Pontianak akseptor KB implant lebih sedikit dibandingkan dengan yang lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui determinan KB tidak memilih alat kontrasepsi implant di wilayah kerja puskesmas Perumnas II Kota Pontianak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan akseptor kb tidak memilih alat kontrasepsi implan di wilayah kerja Puskesmas Perumnas ii Kota Pontianak. Pengambilan sampel dilakukan secara case control. Metode penelitian ini menggunakan Analitik Korelasi dengan pendekatan Case Control, dengan jumlah sampel sebanyak 32 akseptor.  Analisis  bivariat dengan menggunakan chi-square dan analisis multivariat yaitu menggunakan analisis regresi logistic ganda.

Hasil penelitian yaitu variabel umur, paritas, penghasilan tidak terbukti berhubungan dengan akseptor KB tidak memilih kontrasepsi implant. Variabel pengetahuan pendidikan, pekerjaan, dukungan bidan dan dukungan suami  berhubungan dengan akseptor KB tidak memilih kontrasepsi implant. Variabel pekerjaan merupakan variabel dominan dengan akseptor KB tidak memilih kontrasepsi implant., dengan Odds Ratio yaitu 26,501, setelah dikontrol oleh variabel pengetahuan, pendidikan, dukungan bidan dan dukungan suami.

Kata kunci: Determinan, Kontrasepsi, Implant

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-20